Tentang Kami

Rachnasandika menyediakan baju dan properti tari tradisional Indonesia, batik, souvenir dan kerajinan tangan

Rachna Sandika adalah usaha kami dalam memasarkan kerajinan tangan Indonesia bersama pelestarian nilai-nilai dan kearifan yang terkandung dari benda tersebut. Seperti yang kita tahu, saat ini kebudayaan Indonesia mengalami banyak tantangan dari masuknya kebudayaan asing. Globalisasi membuat dunia tanpa batas.

Seluruh informasi masuk tanpa bisa dibatasi. Tidak elok jika informasi yang masuk seluruhnya dibendung dan dihentikan. Menurut kami, cara yang bijak untuk melindungi kebudayaan Indonesia dari pengaruh asing adalah dengan menyiarkannya secara masif dan diolah hingga publik kembali tertarik dengan budaya Indonesia. Tidak hanya untuk publik di Indonesia namun juga di Dunia.

Kondisi seperti ini membuat kami semakin terpacu untuk menyajkan informasi dan berita Kebudayaan Indonesia yang berkualitas, berintegritas dan kredibel. Seperti yang sudah diketahui kalangan luas, budaya Indonesia sangat beragam, namun kurang mendapatkan tempat publikasi yang layak serta informasi yang sangat minim.

Kebudayaan Indonesia jika tidak dirawat akan terus mengalami degradasi. kebudayaan akan dilupakan oleh generasi penerus, generasi yang menjadi kunci masa depan bangsa. Oleh karena itu, pelestarian harus segera dilakukan karena budaya tidak hanya menyangkut dengan kesenian, namun banyak bidang lainnya yang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti ekonomi, lingkungan, dan alam.

Contohnya, jika kerajinan tangan Indonesia sudah tidak diminati lagi karena minimnya informasi dan ketersediaan barang yang berkualitas.

Kerajinan tangan Indonesia akan kehilangan pasar di dalam maupun di luar negeri.

Dipastikan para pengrajin akan gulung tikar. Budaya kerajinan tangan indonesia akan punah digantikan dengan produk-produk asing. Negara kita hanya akan menjadi negara konsumen, kehilangan daya produksinya.

Kita semua harus menjaga agar ini tidak terjadi.

Agar budaya Indonesia terus lestari hingga generasi ke generasi. Tidak hanya untuk menghibur namun bermanfaat dan menghidupi masyarakat banyak.

Dengan Rachna Sandika, kami berharap dapat merawat kebudayaan Indonesia juga membuatnya menghidupi banyak pengrajin dan masyarakat Indonesia

Keduanya harus seimbang karena tanpa ekonomi apalah arti budaya jika kita masih tergantung dengan pihak luar, juga tanpa budaya apalah arti ekonomi jika hanya terus menerus mengeksploitasi.

Kami akan menjelajah ke seluruh Indonesia. mendata kerajinan-kerajinan tangan Indonesia yang bagus dan berkualitas.

Memasarkan kerajinan-kerajinan tangan Indonesia yang unggulan di pasar lokal dan internasional.

Serta menyampaikan arti yang dikandung oleh kerajinan tangan tersebut.

Seperti yang kita tahu, banyak kerajinan Indonesia mempunyai sejarah, arti, dan nilai-nilai yang menjadi kearifan bangsa.

Kami juga akan menyebarluaskan informasi budaya Indonesia, tidak hanya terkait dengan kerajinan tangan.

Rachna Sandika sendiri berasal dari bahasa Sansekerta.

Rachna mempunyai arti cantik atau indah.

Sandika berarti semangat atau gelora.

Kedua kata itu adalah pengejawantahan dari ide dan tujuan kami dalam usaha melestarikan budaya Indonesia dan membawa kerajinan tangannya kepada pasar yang jauh lebih luas.

(Lihat informasi kebudayaan indonesia di bagian jendela budaya.)

Website ini terdiri dari bagian produk yang berisi kerajinan tangan Indonesia yang saat ini dapatĀ  kami sediakan dan jendela budaya yang berisi informasi-informasi kebudayaan Indonesia.

(Lihat katalog di bagian produk kami.)

Semoga apa yang kami cita-citakan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Salam,

Reninta Kusuma Ranti & Rizky Ernandi

Pendiri Rachna Sandika

(Kontak)

Pesan, saran dan kritikmu turut membangun website ini!

error: Maaf, konten terproteksi.