Budaya Kopi Aceh yang Lestari

Budaya kopi Aceh sudah sangat mendalam di kehidupan masyarakat Aceh. Hal ini terbukti dari setiap jalan di Kota Banda Aceh pasti ada tempat minum kopi.

Pada setiap harinya, kafe-kafe itu juga sangat ramai dikunjungi oleh orang tua dan muda. Pada masa dahulu, kafe-kafe kopi hanga dikunjungi oleh laki-laki, namun dengan perkembangan zaman.

Banyaknya kebutuhan akan informasi melalui internet, para perempuan di Aceh pun juga ramai mengunjungi kafe kopi.

Di kafe-kafe kopi, masyarakat Aceh bertemu dari sekadar berdiskusi tentang masalah sehari-hari hingga bisnis.

Bagi wisatawan yang berkunjung di Aceh tanpa mampir ke salah satu kafe kopi sangat disayangkan karena akan melewatkan menyaksikan langsung budaya kopi Aceh.

Budaya kopi Aceh yang kental telah terkenal di seluruh penjuru tanah air. Salah satu di antaranya adalah meluasnya varietas kopi dari Aceh yang terkenal adalah kopi Aceh Gayo.

Bagi pencinta kopi, tidak susah untuk menyatakan kopi yang dia hirup baunya adalah Kopi Aceh Gayo karena baunya yang harum dengan cita rasa yang agak asam khas kopi Aceh.

Proses pembuatan kopi saring.

Dari sisi meracik segelas kopi, masyarakat Aceh juga mempunyai cara tersendiri.

Cara khas ini terkenal dengan sebutan kopi tarik. Dalam teknik pengerjaannya, kopi dimasukan ke dalam saringan lalu dituangkan air panas dan saringan tersebut diangkat tinggi-tinggi.

Air yang menetes dari saringan itu di tampung dalam sebuah gelas. Nantinya, air seduhan kopi itulah yang akan disajikan.

Lambang Solong Coffee

Dari segi sajian, masyarakat Aceh juga memiliki kopi Sanger. Kopi Sanger adalah kopi khas Aceh yang di dalamnya terdiri susu kental manis dan dituangkan air seduhan kopi di atasnya.

Benar-benar budaya kopi Aceh yang telah lama berkembang. Dari yang mudah terlihat saja, sudah ada keunikan dalam proses penghasil biji kopi, meracik kopi, dan sajian kopi.

Salah satu kafe kopi yg cukup tua dan terkenal adalah Kopi Solong. Kafe ini dibangun oleh Bapak Abu Solong pada 1974.

Walaupun, sudah banyak kafe kopi sejenis yang lebih memiliki banyak fasilitas, seperti wifi. Kafe ini tidak kalah sepinya. Kafe ini buka dari subuh hingga menjelang maghrib. Setiap jalan di kota Banda Aceh, kafe ini dapat dijumpai.

Kopi Solong tidak hanya menyediakan kopi yang dapat diminum langsung. Namun, juga memiliki produk yang bisa dibawa pulang. Berbagai jenis produk yang disajikan oleh kopi Solong.

Suasana di Solong Kopi

Segelas kopi di Solong kopi

 

Biji kopi yang disajikan

Seperti yang sudah dituliskan di atas. Wisatawan di Aceh yang tidak merasakan budaya kopi Aceh belum afdol rasanya. Jika sesampainya di rumah,teman-teman bertanya “bagaimana rasanya ngopi di Aceh?” Jika menjawab dengan senyum saja, sangat malu rasanya.

Ayo sempatkan diri mampir ke salah satu kafe kopi di Kota Banda Aceh! Tidak sulit, kok. Hampir di setiap jalan ada kafe kopi.

Saking banyaknya kafe kopi. Hal ini membuat Kota Banda Aceh mendapatkan sebutan kota 1001 kafe kopi.

Pesan, saran dan kritikmu turut membangun website ini!

error: Maaf, konten terproteksi.