Bantuan Pemerintah: Fasilitasi Kerjasama Antar Instansi Bidang Kebudayaan

Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, KEMDIKBUD melaksanakan program Fasilitasi Kerjasama Antar Instansi Bidang Kebudayaan tahun 2017. Program ini termasuk dalam jenis bantuan pemerintah kepada pengelola atau institusi kebudayaan Indonesia untuk melestarikan dan menyebarluaskan kebudayaan Indonesia.

Program ini dilaksanakan secara dua tahap. Tahap pertama adalah dengan memfasilitasi 15 paket, yang sudah ditutup pada Mei 2017. Sedangkan periode kedua akan diumumkan dikemudian hari.

Program ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan peran serta pengelola atau instansi budaya dalam upaya pemajuan di bidang kebudayaan.

Kemdikbud menyusun sebuah buku petunjuk teknis serta beberapa contoh berkas untuk pengajuan proposal dalam mengajukan fasilitasi kerjasama antar instansi di bidang kebudayaan.

Buku Petunjuk Teknis Fasilitasi Kerja Sama Antar Instansi 2017. Download dengan klik gambar!

Buku ini terdiri dari lima bab dan lampiran. kelima bab itu terdiri dari Pendahuluan, Tata Cara Memperoleh Fasilitas Kerjasama Antarinstansi, Akuntabilitas Penyelenggaraan, dan Infikator Keberhasilan, Pelaporan dan Pengendalian.

Beberapa rangkuman Informasi yang dapat disajikan antara lain:

  1. Program bantuan Pemerintah ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pengelola atau instansi budaya yang memiliki kendala keterbatasan anggaran dalam melaksanakan kegiatan di bidang kebudayaan;
  2. Penerima program hanya dapat 1 (satu) kali bantuan yang sejenis pada tahun anggaran berjalan tidak sedang atau akan menerima fasilitasi sejenis;
  3. Fasilitasi kerja sama Antar Instansi tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik;
  4. Fasilitasi ini bersifat sementara dan tidak berkesinambungan;
  5. Pemberian bantuan pemerintah ini diutamakan kepada kegiatan yang memiliki tema: Kemaritiman dan/atau Kelautan; Ketahanan Pangan; Pariwisata Budaya; dan Kebhinekaan datau memupuk Toleransi;
  6. Pemohon yang berhak mengusulkan bantuan ini adalah: Instansi Pemerintah Daerah; Instansi/Satuan Pendidikan Formal (Dasar, Menengah, dan Tinggi); Lembaga yang bergerak di bidang kebudayaan;
  7. Persyaratan admnisitrasi: mengirimkan proposal pengajuan.
  8. Persyaratan kualifikasi:
  • ¬†Instansi pengelola kebudayaan yang menyelenggarakan event-event terkait dengan pembangunan kebudayaan terutama untuk mengelola event bagi pelaku kebudayaan;
  • Instansi pengelola kebudayaan yang resmi terdaftar di pemerintah daerah setempat;
  • Memiliki Nomor Rekening dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama instansi pemohon;
  • Memiliki Akta Pendirian dan/atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dibuktikan dengan fotokopi Akta Pendirian dan/atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atas nama pemohon.
  • Tidak sedang atau akan menerima fasilitasi sejenis dibuktikan dengan melampirkan Surat Pernyataan pada Tahun Anggaran Berjalan Tidak Sedang atau Akan Menerima Fasilitasi Sejenis;
  • Memiliki bangunan kantor atau kesekretariatan baik yang bersifat permanen atau menyewa sesuai dengan alamat terlampir di proposal permohonan bantuan fasilitasi.
  • Semua pemohon Fasilitasi Kerja Sama Antar Instansi bersedia membantu memasukkan data kebudayaan dalam sistem aplikasi data pokok kebudayaan yang ada di wilayahnya.

Terkait hal ini lebih lanjut, dapat mengunjungi website resmi Kemdikbud di Kemdikbud.go.id 

atau menghubungi:

Sekretariat Direktorat Jenderal, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia
Komplek Kemdikbud
Gedung E Lt.4
Jln. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270
Email: kebudayaan@kemdikbud.go.id
Telepon: (021) 5731063, (021) 5725035
Fax: (021) 5731063, (021) 5725578

Surel: kebudayaan@kemdikbud.go.id

Comment (2)

  • Yarona| 21/09/2017

    Kami pelaku usaha batik di papua mengadakan event sehari bersama pelaku usaha batik Papua.apakah kegiatan kami tanggal 02 Oktober 2017 bisa difasilitasi?

    • rachnasandika| 05/10/2017

      Mohon maaf Bapak baru saya jawab hari ini.
      Sejak Agustus lalu saya sedang hiatus web karena ada beberapa urusan yang harus diselesaikan.

      Untuk fasilitasi bapak bisa langsung menghubungi Kemdikbud di nomor yang saya catat di atas.

      Atas perhatiannya terima kasih.

      Salam,
      Rachnasandika

  • Pesan, saran dan kritikmu turut membangun website ini!

    error: Maaf, konten terproteksi.
    %d bloggers like this: